Teks prosedur dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Misal pada contoh teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, pendahuluan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1).
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.
3. Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.
Pada umumnya, teks prosedur memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai
berikut.
1. Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata kerja imperatif dibentuk oleh akhiran -kan, -i, dan partikel -lah.
2. Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.
3. Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan.
4. Banyak menggunakan pernyataan persuasif (kalimat yang bersifat membujuk).
5. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
Tugas Individual
1. Bacalah sebuah teks prosedur lainnya! Kamu bisa mendapatkan teks tersebut dari surat kabar, majalah, buku, ataupun internet.
2. Identifikasilah struktur dan kaidah kebahasaan teks tersebut!
3. Sajikan laporan hasil kegiatanmu dalam format tabel seperti berikut! Kamu bisa mengerjakannya pada buku kerjamu.
Jawaban
Judul teks : Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar
Sumber : Internet (https://id:scribd.com/document/329621103)
Tema : Kebersihan
Aspek
|
Pembahasan
|
|
a. Struktur
|
1. Tujuan
|
Setiap orang harus memeperhatikan dan menjaga kebersihan, baik
kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri
tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti
muencuci tangan.
|
2. Langkah-langkah
|
1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir,
kemudian tuangkan sbaun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.
2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar
empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara
bergantian.
3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangankiri dengan
tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari
dimasing-masing ruas jari.
5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga
jari-jari tangan dalam keadaan aling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan
dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam
genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan
sebelah kanan.
7. Gosoklah telapak tangan kiri dengangerakan memutar ujung jari-jari
tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan.
8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.
|
|
3. Penegasan ulang
|
Dengan sedikit peduli mencuci tangan secara benar kita akan terhindar
dari penyakit. Selamat menyongsong hidup sehat.
|
|
b. Kaidah
|
1. Kata Kerja Imperatif
|
1) Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang
mengalir, kemudian tuangkan sbaun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.
2) Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan
memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan
secara bergantian.
|
2. Konjungsi
|
1) Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, kemudian
tuangkan sbaun ke telapak tangan, dua sampai tiga tetes.
2) Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan
menyelipkan jari dimasing-masing ruas jari.
3) Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga
jari-jari tangan dalam keadaan aling mengunci, lalu gosoklah secara
perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
|
|
3. Pernyataan persuasif
|
Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.
|
|
4. Kata teknis
|
2) Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan
memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan
secara bergantian.
2) Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari
dimasing-masing ruas jari.
|
|
5. Gambaran benda/alat
|
-
|
|
Simpulan
|
Struktur teks prosedur “Cara Mencuci Tangan degan Baik dan Benar”
sudah lengkap. Akan teatapi kaidah bahasanya yaitu bagian gamabaran
benda/alatnya tidak ada.
|
Ka itu yg kata teknis cuma itu aja ngga ada yg lain?
BalasHapusLink teksnya tidak bisa di akses
BalasHapusKak itu gambaran benda/alat gk ada isinya ya?
BalasHapusMungkin krna gk menggunakan alat jdi tidak ada
Hapusmakasih
BalasHapus